Kamis, 02 Februari 2017

Seni Budaya (Seni Tari)



 Seni Tari

A. Pengertian Tari Modern
    Modern dance atau dalam Bahasa Indonesia tari modern adalah satu jenis tarian yang terbentuk dan berkembang sejak abad 20 awal.

B. Jenis Gaya Tari Modern
    Berikut akan dipaparkan mengenai beberapa jenis tari modern :

1. Balet
  Balet dapat ditampilkan sendiri atau sebagai bagian dari sebuah opera. Balet terkenal dengan teknik virtuosonya seperti pointe work, grand pas de deux, dan mengangkat kaki tinggi-tinggi.
  Balet berakar pada acara pertemuan para ningrat Italaia di masa pencerahan . Balet dikembangkan dalam bentuk ballet decour, yaitu dansa sosial yang dilakukan bersama musik, pidato, puisi, nyanyi dekor, dan kostum oleh para ningrat.




2. Tari Tango
  Tari Tango sudah poluler di seluruh dunia. Tari Tango merupakan tarian pergaulan yang berasal dari Amerika dan memiliki irama yang didasarkan pada birama 2/4 atau 4/4, sedangkan temponya sedang. Tari Tango juga termasuk permainan dan dapat ditarikan secara tunggal, berpasangan dan berkelompok.




3. Tari Flamenco
  Tari Flamenco termasuk jenis tarian yang berasal dari tradisi gipsi Andalusia Spanyol Selatan. Tarian ini biasa ditarikan sendiri atau tunggal, berpasangan ataupun berkelompok. Tarian ini diiringi gitar, tepukan tangan, hentakan kaki dan seruan dari para penonton.



4. Tari Salsa
   Tari Salsa termasuk jenis tarian yang ditarikan secara berpasangan. Kata Salsa berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus, dalam hal ini rasa atau gaya. Salsa ditarikan dengan menggunakan irama delapan ketukan, yaitu dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Umumnya setiap ketukan menggunakan tiga langkah dan satu ketukan dilewati. Ketukan yang dilewatkan tersebut ditandai dengan gerakan tertentu seperti tendangan atau sentakan kaki.



5. Tari Disko
  Tari Disko ternasuk jenis pergaulan yang ditarikan secara beramai-ramai (tari kelompok). Tarian ini berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1950-an. Kemudian tarian ini berkembang pesat di Jerman dan Perancis pada tahun 1970-an.


6. Tari Waltz
  Tari Waltz termasuk jenis tarian berpasangan. Tarian ini dikenal dalam birama 3/4 dengan tempo yang berbeda-beda.Tarian ini berasal dari tari weller (tarian petani Jerman) dan tari Leander (tarian Austria). Tarian Waltz yang terkenal adalah Vienese dan Boston. Pada Vienese pasangan akan berputar satu arah dengan cepat, sedangkan pada tari Boston pasangan berputar ke segala arah dengan lambat.



7. Break Dance
  Break Dance termasuk tari tunggal yang berasal dari kelompok pekerja Negro Amerika. Bentuk tariannya berupa patah-patah atau stakato dan bersifat akrobatik.


8. Tari Kontemporer
  Tari Kontemporer kembangan dikenal karena adanya pengaruh dampak modernisasi.Tarian ini digunakan sebagai istilah umum sejak istilah Contemporary Art berkembang di Barat sebagai produk seni yang dibuat sejak perang dunia 2.



C. Fungsi Tari Modern
Berdasarkan fungsinya, tari modern mencerminkan sifat       sosial yang dibagi menjadi dua(2), yaitu sebagai berikut :
  1. Tari sebagai media untuk hiburan pada dasarnya bahwa tari ini tidak  bertujuan untuk ditonton. Tetapi tarian ini untuk kepuasan penarinya. 
  2. Tari sebagai pertunjukan (theatrical dance). Tari jenis ini adalah tari yang disusun sengaja untuk dipertontonkan. Oleh karena itu dalam penyajiannya mengutamakan segi artistiknya, penggarapan koreografi yang baik, serta tema dan tujuan yang jelas.

D. Nilai Estetis Tari Modern
    Tari memiliki nilai estetika yang berbeda-beda, nilai estetis pada gerak tari merupakan kemampuan dari gerak tersebut untuk menimbulkan suatu pengalaman estetis. Pengalaman estetika dari seorang penari dalam melakukan gerak harus dilihat pula dalam kualitas gerak yang dilakukannya. Setiap gerak tarian memiliki nilai estetis tersendiri yang dapat diuraikan dan dijelaskan secara cermat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar